Oleh : Poedianto

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) diselenggarakan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya pagi ini (21 Maret 2022).

Mendung tipis memayungi kesibukan untuk mempersiapkan piranti-pirantinya, ini demi lancarnya ujian kompetensi keahlian tersebut.

“Jumlah total dua ratus tiga puluh tujuh peserta ujian. Semuanya siswa kelas dua belas. Baik dari jurusan perhotelan, tata boga maupun usaha perjalanan wisata. Insya Allah semua lulus dengan nilai yang memuaskan,” papar Naniet Hernita, SE, S. Tr. Par, Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan.

Penguji dari para praktisi dan ahli di bidangnya masing-masing. Diantaranya ialah Imam Muhajir dari Hotel The Alana, Surabaya dan Wahyuni, S. Pd dari Hotel Shangri-La, Surabaya. Keduanya penguji House Keeping (HK). Sukohadi dari Hotel Shangri-La, Surabaya dan Ardi Putra Setiawan dari Hotel Grand Darmo Suite, Surabaya. Keduanya penguji Front Office. Ini untuk Jurusan Perhotelan.

Penguji untuk Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) tentang Tour Guiding ialah Yuliati, SS dari HPI Surabaya. Untuk Ticketing ialah Lilianawati Dinata, SE dari ATTI Surabaya. Untuk Tour Planning ialah Mochtar Yusro, S. ST. Par dari Java T&T Surabaya.

Penguji Jurusan Tata Boga ialah Arry dari Hotel Luminor, Surabaya dan Fahriansyah dari Hotel Harris, Surabaya. Keduanya penguji FBP. Tafif Widjanarko dari Hotel Holiday Inn, Surabaya dan Imanda Bagus dari Hotel Grand Suite, Surabaya. Keduanya penguji FBS.

“Kelemahan siswa sekarang pada praktik. Kalau pengetahuan, sudah bagus. Skill yang lemah. Sebab sekarang kan daring. Program daring untuk praktik kualitasnya kurang. Praktik itu harus tatap muka. Minimal per-siswa praktik satu kali dalam se-minggu. Maka perlu jam tambahan untuk praktik. Terutama praktik making bed dan set up trolly”, kata Wahyuni, penguji house keeping dari Hotel Shangri-La Surabaya kepada Majalah Jendela di Edu Hotel Satya Widya Suranaya.

UKK diadakan mulai tanggal 21 Maret 2022 di ruang praktik. Jurusan Perhotelan selama 6 hari. Jurusan UPW dan Tata Boga selama 3 hari.

Wahyuni, S. Pd, Hotel Shangri-La, Surabaya

-Majalah Jendela-