Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah

SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya dalam rangka meningkatkan mutu SMK Pusat Keunggulan (PK) sudah melaksanakan workshop yang ke sepuluh (23 Nopember 2023). Segenap guru, karyawan hadir dan sebagai narasumber Drs. Gunawan, M. Si, dari BBPPMPV BOE Malang. Acara ini dibuka Edi Pranoto, S. Pd, MM, selaku kepala sekolah. Intinya adalah penguatan modul belajar yang sudah direvisi.

Dalam mengawali workshop, narasumber membuka dengan paradigma dan persepsi. Persepsi adalah cara berpikir, sudut pandang. Paradigma adalah keyakinan dan kepercayaan yang dipegang. Hal pengaruh paradigma terhadap persepsi. Narasumber dengan mengangkat berbagai gambar. Seperti gambar pantai, pohon, wanita, gajah dan lainnya lagi. Maka muncul sudut pandang yang berbeda-beda dari guru dan karyawan tentang gambar-gambar tersebut. Sudut pandang bisa dipengaruhi oleh paradigma yang dianut. Paradigmalah yang mendasari seseorang dalam berpikir dan melakukan tindakan. Paradigma mempengaruhi manusia dalam berpikir dan bertindak terhadap semua hal.

Workshop yang ke sebelas (24 Nopember 2023) dimulai dengan permainan menghimpun angka. Besarnya angka 1 hingga 4. Terdapat empat baris angka dan baris kolom. Angka yang terdapat pada baris dan kolom adalah satu sampai empat dengan urutan acak. Peserta diminta menentukan himpunan yang terdiri dari empat angka sebanyak empat himpunan. Masing-masing himpunan berjumlah sama dan tidak boleh beririsan.

Game di atas dimaksudkan sebagai pembuka dalam pemberian materi pembelajaran diferensiasi. Adapun ciri pembelajaran berdiferensiasi yaitu memberikan pembelajaran di kelas yang disesuaikan dengan daya mampu siswa. Misal, ketika di kelas ada siswa yang menyelesaikan tugas dengan cepat, siswa yang sudah menyelesaikan tugas tersebut diminta membantu teman yang belum atau tidak bisa mengerjakan tugas tersebut. Ciri utama pembelajaran diferensiasi adalah memberikan kualitas pembelajaran yang berbeda disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa. Maka seorang guru harus memahami daya mampu setiap siswa di kelas.
* * *
Poedianto dan Choirul Wadud.

Bantuan

Dengan senang hati kami semua dapat melayani anda untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi sekolah