Pendidikan itu sangat luas cakupannya. Betapa tidak ! Di Cito (City of Tomorro) Surabaya digelar keunggulan-keunggulan kreasi siswa SMK PK (Pusat Keunggulan) se Jawa Tiimur (27-31 Oktober 2022).

SMK Negeri 5 Bojonegoro menyajikan Gerobak Surya Kalijogo dengan aneka jus buah. SMK Negeri 3 Probolinggo memamerkan kripik ekor ikan tebalan dan jus ikan jenggelek.

“Semua kreasi siswa kami dukung. Guru hanya membimbing. Seperti produk kripik ekor ikan tebalan dan jus ikan jenggelek,” kata Rahmawati Anjani, S. Pd.

Di tempat yang sama SMK Negeri 1 Pagerwojo, Tulungagung juga tampil dengan olahan kue rebung dan kopi rempah.

Ditanya tentang pameran, Yosi dan Nafi, kelas 12 jurusan Hotel mengatakan banyak manfaatnya ikut pameran.

“Semua hasil dari produk karya siswa kami tampilkan,” kata Nefi, S. Pd.

SMK Negeri 1 Singosari, Kabupaten Malang memamerkan berbagai teknologi. Diantaranya karya jembatan buka tutup (pride on of).

Pameran ini kali adalah bukti bahwa pendidikan cakupannya sangat luas. Dari perkebunan, pertanian, oto motif, tata boga, tata busana, hotel, pariwisata dan lainnya lagi, semuanya dipamerkan. Jadi para pendiri negara ini tidak sia-sia berjuang untuk merdeka. Maka tersulam dengan benang sutera tentang tujuan kemerdekaan. Yakni semata untuk mencerdaskan dan mensejahterakan putra-putri bangsa.

Stand SMK Negeri 1 Pagerwojo, Tulungagung.

Poedianto