Workshop Penelusuran Tamatan (Tracer Study) diselenggarakan siang ini di Kirana Resto, SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya (23 Desember 2022). Sebagai pemateri Yudha Prasetyawan, S. ST, M. Eng, Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Workshop ini dihadiri segenap guru dan staf kantor. Substansi workshop ini adalah perlunya pengumpulan data Tracer Study lewat pertanyaan-pertanyaan kepada pencari kerja (lulusan) oleh sekolah lewat bursa kerja khusus (BKK) sekolah. Beberapa pertanyaan diajukan kepada kelulusan. Baik bagi yang melanjutkan belajar kejenjang yang lebih tinggi atau yang ingin kerja. Semua ditelusuri. Seperti pertanyaan ini : Nama, lulusan, kompetensi, identitas (akun medsos) dan pertanyaan lain.

Penelusuran kelulusan oleh BKK sangat penting. Setidaknya sekolah bisa memetakan siswa kelulusannya. Dan BKK dengan segala upaya akan membantu dalam informasi tentang lowongan kerja. Sudah barang tentu bekerja sama dengan disnaker serta lembaga-lembaga lain.

“Ini bisa valid bila semua guru dan alumni sinergis,” ujar Rangga Galung Rihardika, S. ST. Par, Ketua BKK SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya.

Menyinggung tentang lowongan kerja, Drs. Ec. Margiono, MM, K3 Kuliner, mengutarakan antara peluang kerja dan kompetensi kelulusan harus seimbang. Kebutuhan dan kesediaan musti sepadan.


Poedianto.