The Alana Surabaya secara resmi menandatangani MoU perjanjian terkait hospitality learning dengan SMK Satya Widya, Jumat (29/10/2021). 

Penandatanganan MoU tersebut sekaligus menghadirkan para guru dan tim pengajar SMK Satya Widya dan segenap pengurus yayasan. 

“Hospitality learning package merupakan program terbaru dari The Alana Surabaya yang concern dalam dunia pendidikan khususnya dalam bidang industri pariwisata dan perhotelan,” ujar Ika Florentina, General Manager The Alana Surabaya saat memberikan sambutan. 

Ika Florentina mengatakan, MoU ini bertujuan untuk mencetak bibit unggul berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja.

Tak hanya bisa terserap di dunia kerja secara praktikal, namun para peserta yang terdiri dari para murid kelas X, XI, dan XII ini juga bisa bertahan di dunia kerja hingga mampu membuka peluang usaha. 

“Lulusan SMK dituntut punya SDM berdaya saing tinggi. Bagaimana anak-anak SMK bisa berdaya saing, berkarir dan bertahan di dunia kerja. Jadi tidak hanya terserap. Anak punya daya juang dan daya saing yang tinggi. Ketika masuk dalam dunia kerja tidak lantas sebulan dua bulan resign,” papar Ika. 

Pihak The Alana Surabaya memberikan kualifikasi khusus bagi sekolah yang dirangkulnya dalam program pembelajaran praktik tersebut. 

“Kita mendukung dan support sekolah dengan komitmen tinggi. Sekolah dan dunia industri perlu ada komitmen. SMK Satya Widya terpilih menjadi sekolah yang kami dampingi karena punya komitmen kuat untuk mencetak lulusan terbaik,” paparnya. 

Terkait program hospitality learning The Alana Surabaya, lanjut Ika, pihaknya menyusun petunjuk teknis (juknis) yang jelas dan terarah. 

Setelah penandatanganan MoU, pihak The Alana Surabaya dan SMK Satya Widya akan menggelar pengembangan SDM khusus untuk guru dan para stakeholders. 

Tujuannya, untuk mengenalkan kembali iklim kerja dalam industri hospitality khususnya perhotelan. “Kami juga ingin menyamakan visi dan kesepahaman terkait update dunia industri. Selanjutnya kami akan duduk bersama menyusun kurikulum sesuai kebutuhan anak didik,” tambahnya. 

Ika melanjutkan, program hospitality learning nantinya juga akan mendampingi anak didik SMK maupun Vokasi dari perguruan tinggi saat proses perekrutan. Mereka juga akan didampingi sampai ke tahap on job training (OJT) di dunia kerja. 

“Kami juga dampingi persiapan anak kelas XII untuk persiapan memasuki dunia industri termasuk upayakan penempatan kerja. Jadi sisten kerja sama kami one stop service dari kelas X sampai kelas XII. Mulai setting goals sampai penempatan,” jelas Ika. 

Sementara itu, Heri Musika Jaya selaku Kepala Sekolah SMK Satya Widya mengaku turut berbangga karena sekolahnya bisa terpilih menjadi SMK yang didampingi oleh The Alana Surabaya. 

Menurutnya, program pendampingan dan praktical seperti hospitality learning ini sangat penting mengingat perkembangan industri perhotelan. 

“Industri hospitality terutama perhotelan seperti yang kita tahu tak pernah mati. Saat ini bukan waktunya bicara sekolah besar dengan murid yang banyak. Tapi bagaimana bisa mencetak lulusan yang diserap dunia kerja atau berwirausaha,” papar Heri. 

Heri juga menuturkan terkait pentingnya pembelajaran praktik langsung. Tak hanya belajar dalam kelas dengan buku atau power point. 

“Materi tidak hanya bercerita dan melihat power point. Tapi bisa praktik langsung. Proses pembelajaran tutorial ini yang kami harap bisa menjadi solusi bagi para peserta didik kami,” tutupnya.



sumber : https://tribunjatimwiki.tribunnews.com/2021/10/29/the-alana-surabaya-teken-mou-hospitality-learning-dengan-smk-satya-widya-targetkan-lulusan-terbaik