The Alana Hotel Surabaya dan SMK Satya Widya meneken kerja sama dalam hal Industrial Class dan Hospitality Learning Industries.

General Maneger (GM) The Alana Hotel Surabaya, Ika Florentina mengatakan, bentuk kerja sama berupa pelatihan untuk mempersiapkan pelajar memasuki dunia kerja di sektor perhotelan.

Untuk kelas X, Ika menjelaskan, pelajar akan diberikan sesi menyeting tujuan setelah lulus. Ini penting guna membentuk struktur langkah jangka panjang dalam karir mereka masing-masing.

“Kemudian nanti kami juga beri materi agar mereka bisa berdaya saing ke depan,” kata Ika, Jumat (29/10).

Ia menyadari, berbicara soal dunia kerja di era sekarang tidak hanya soal output setiap individu saja. Melainkan juga cara membentuk mental seseorang dan berdaya saing tinggi.

Harapannya dengan begitu karir mereka dapat terbentuk sesuai alur yang sudah direncanakan.

“Kelas XI nanti akan ada pendidikan pendampingan dari guru kepada siswa, sesuai kurikulum yang kita gariskan. Lalu juga akan dosen tamu dari kami ke sekolah. Atau bisa jadi siswa ke Alana juga,” lanjutnya.

Sedangkan pada jenjang kelas XII, para pelajar akan mengikuti program On Job Training (OJT) dan sebelum lulus. Mereka mendapatkan pembekalan materi untuk memasuki dunia pekerjaan.

“Artinya ketika mereka menghadapi interview menuju ke dunia industri masing-masing. Kami juga menawarkan bagimana membina atau karir development mereka,” terangnya.

Kepala Sekolah SMK Satya Widya, Heri Musika Jaya melihat sejumlah hotel yang masih eksis di masa pandemi seperti sekarang ini mampu menjadi sebuah peluang bagus bagi anak didiknya.

“Yang namanya hospitality gak permah mati walaupun di masa pandemi, hotel-hotel terus berdiri, peluang anak-anak kami jelas,” jelasnya.

Ia menambahkan, alasan memilih The Alana Hotel sebagai partner pengajar yaitu dikarenakan pihak hotel punya komitmen tinggi membentuk karakter unggul pada siswa-siswinya.

“Rata-rata anak SMK itu setelah sekolah langsung pingin kerja dan kerja yang kami pinginkan juga itu yang linier,” ujarnya.

Sumber : https://jatim.genpi.co/hot-news/8258/terobosan-smk-satya-widya-dan-alana-hotel-cetak-lulusan-terampil