Oleh : Suwandi
Kelas: 10 AP 4

Pada hari Sabtu dan Minggu sekolah saya mengadakan kemah atau yang biasa disebut dengan “persami” (perkemahan sabtu dan minggu). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Pramuka yang ke 55. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih saya dan teman – teman agar lebih mandiri, bertanggung jawab, dan memupuk rasa nasionalisme serta kerja sama. Di sekolah kami, regu pria disebut dengan regu Rajawali dan regu perempuan disebut dengan regu Teratai. regu Rajawali ada 18 regu dan regu Teratai ada 22 regu.
Kegiatan persami dimulai pukul 14.30 WIB, ini dimulai dengan upacara pembukaan. setelah itu, diadakan berbagai macam lomba, yaitu lomba baca Al Qur’an, lomba menyanyi, lomba menggambar kaligrafi, lomba tentang pengetahuan kepramukaan, dan lomba membaca puisi. Setiap regu harus diwakili minimal 1 orang untuk mewakili regunya. Kegiatan lomba ini selesai pada pukul 17.00 WIB.
Pukul 18.00 WIB, kami melaksanakan shalat maghrib berjamaah. setelah itu, dilaksanakan kegiatan api unggun. di kegiatan tersebut, kami bernyanyi, membuat yel-yel dengan bersenang-senang. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Dan selesai pukul 21.30 WIB. Setelah itu, kami pun tidur dengan nyenyak.
Keesokan pagi, dimulai dengan kegiatan senam pagi. kemudian setelah itu kami sarapan. setelah sarapan, kita mengikuti kegiatan outbond, seperti pecah air, kata berderet, estafet air, dll. Setelah itu pun kami mandi untuk membersihkan diri.
Persami diakhiri dengan upacara penutupan. upacara pun dilaksanakan dengan tertib dan hikmat. kami pun senang karena dapat mengikuti kegiatan persami ini *