• UNJUK KARYA SISWA –

Hari ke tiga tanggal 22 Desember 2021 (20, 21, 22 Desember 2021) table manner kelas XII Tata Boga 1 yang diadakan di Kirana Resto, SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya dibuka oleh Drs. Hery Musika Djaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya dengan hikmat.

Acara ini dihadiri oleh orang tua murid, guru dan siswa. Acara tersebut yang sebelumnya diadakan oleh kelas 12 tata boga 2 dan 3. Adapun kontennya ialah siswa memasak dan menghidangkannya kepada orang tua murid. Yaitu ayah dan ibundanya sendiri. Sudah barang pasti dengan kreterium produk masakan serta tata hidang berstandar internasional.Maka orang tua murid akan mengetahui kompetensi putra-putrinya.

Table Manner diadakan untuk mengetahui kemampuan siswa pada bidang memasak dan tata hidang. Sebab selama tiga tahun (kelas 10 sampai kelas 12) menimba ilmu di sekolah dibimbing oleh guru-guru yang handal dibidangnya masing-masing.

“Table Manner ini adalah bentuk unjuk karya siswa di depan orang tua murid. Baik di bidang memasak maupun tata hidang. Oleh karenanya orang tua murid bisa merasakan nikmat masakan
yang disajikan oleh putra-putrinya sendiri. Dan boleh juga memberi komentar tentang karya putra-putrinya,” ujar Hery Musika Djaya dalam kata sambutan pembukaan.

Sementara Edi Pranoto, S. Pd, MM, K3 Tata Boga mengutarakan harapan agar siswa mampu mengelola masakan dengan standar internasional. Siswa bisa diterima di dunia usaha dan industri serta bisa berwirausaha.

Di tempat yang sama, Raken Fitrianing Syahri, S. Pd, guru tata boga mengatakan bahwa seusai lulus sekolah, siswa siap di dunia kerja seperti keinginan dunia usaha dan industri.

Irwan Subandi (wira swasta) orang tua siswa Afrian, kelas 12 tata boga 1 dan Sukarni (ibu rumah tangga) orang tua Selomita kelas 12 tata boga 1, keduanya mengucapkan rasa terimakasih kepada sekolah. Sebab putra-putrinya mempunyai kemampuan memasak dan tata hidang yang memadai.

Drs. Hery Musika Djaya, MM.

-Majalah Jendela-
Poedianto.