Guru dan Tenaga Kependidikan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya mengikuti sosialisasi implementasi Kurikulum Merdeka di Kirana Resto siang ini (26 Agustus 2022).

Narasumber Mudianto, S. Pd, MM, Kasi Kurikulum SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Dra. Emie Ismiatie, M. Pd, Pengawas/Pembina SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

2149 SMK di Jawa Timur mempunyai problematika masing-masing. Setidaknya ada enam permasalahan. Disparitas kualitas, sarana prasarana, relevansi, guru dan tenaga kependidikan, sinergi dan kapasitas fiskal sekolah. Karenanya kurikulum merdeka diharapkan menjadi solusi.

“Semuanya harus ada evaluasi. Misal, kelulusan siswa sudah cocok dengan dunia kerja. Maka pola pikir yang harus diubah. Guru harus hafal nama-nama-siswanya untuk mengerti kelebihan dan kekurangan siswa. Karena guru mentranfer ilmu kepada siswa. Maka dibutuhkan siskronisasi. Kualitas kelulusan harus sesuai dengan dunia usaha dan industri, papar Mudianto.

Drs. Hery Musika Djaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya dalam kata sambutan pembuka mengutarakan bertekat untuk menjalankan implementasi kurikulum Merdeka.


Majalah Jendela