Hari ke 3 In House Training (IHT) Program Sekolah Penggerak (PSP) SMK Pusat Keunggulan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya diawali dengan slogan penyemamgat yang dipandu oleh Drs. Hery Musika Djaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya.

SMK Bisa
SMK Hebat
SMK Satya Widya Bisa-Hebat.

Slogan tersebut diikuti oleh peserta IHT dengan semangat. Sehingga ruang Kirana Resto Satya Widya terdengar gemuruh.

Pemateri hari ini (25 Agustus 2021) adalah Rahindriati Rahayu, S. Pd, K3 UPW dan Dra. Damariyanti, guru PKN. Keduanya mengangkat materi Prinsip Pembelajaran Asesmen. Ini mencakup Asesmen Diasnotik, Asesmen Formatik dan Asesmen Sumatif.

“Yang intinya menghargai budaya dan guru harus menghargai hasil kerja siswa. Penilaiannya seperti yang dirancang valid dan jelas. Pada gilirannya menghasilkan siswa Pancasila,” ujar Damariyanti yang juga pengurus Bursa Kerja Khusus (BKK).

“Kelulusan yang bisa diterima di bursa kerja harus membutuhkan latihan-latihan. Terutama perilaku sopan, jujur, attitude. Kalau sudah demikian akan diterima di bursa kerja di era globalisasi,” papar Damariyanti dengan mimik serius.

“Penilaian dan evaluasi itu sudah masuk include di asesmen. Penilaian itu mencakup nilai kognifif, sikap perilaku dan keterampilan. Contoh di pelajaran Front Office, penilaiannya terletak di pengetahuan, sikap perilaku serta skill, ” tambah Hadi Wijoto, S. St. Par, guru Front Office.

Hadi Wijoto, S. St. Par.

-Majalah Jendela-