Bunga tanjung semerbak baunya.
Kita junjung bakat anak bangsa.

Daun bungur rontok dipelataran.
Tergiur masakan siswa yang disajikan.

Selama tiga tahun sekolah di SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya, siswa kelas 12 Tata Boga (Kuliner) sudah tampak hasilnya. Sudah barang tentu tentang masak memasak. Buktinya hari ini, Senin 19 Desember 2022, telah unjuk bakat memamerkan cipta karya dengan menyajikan berbagai olah masakan kepada orang tua mereka di Kirana Resto. Potato salad, cream of chicken, corn soup, chicken rollade with teriyaki sauce, brownes with vanilla ice cream dan lainnya lagi.

“Semuanya sudah diajarkan. Acara ini kali, siswa unjuk bakat cipta karya kepada orang tua mereka. Ini bukti bahwa siswa kita mampu,” ujar Elisa Syafitri Puspita Ningsih, S. Pd.

Orang tua murid manggut-manggut dan tersenyum lebar setelah mencicipi masakan putra-putrinya. Ini tanda bangga akan skill putra-putrinya. Maka, sudah barang pasti orang tua murid mempercayai proses pembelajaran yang ada di SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya. Amin.

Bila ditarik kebelakang, siswa Tata Boga yang bernama Bagas Prasetiyo (alumni) telah menunjukkan kepiawaiannya dalam masak memasak. Juga siswa Usaha Layanan Pariwisata yang bernama Shalomitha Manna (alumni) handal dalam kepariwisataan. Betapa tidak ! Dua siswa yang unggul ini berhasil masuk lima besar tingkat Wilker (Wilayah Kerja) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jawa Timur beberapa waktu lalu. Kala itu bidang lombanya yaitu : Culinary (tata boga) dan Tourist Industry (pariwisata).

“Semua ini bisa terwujud karena digarap dengan totalitas. Sungguh-sungguh, tanpa ragu, apalagi pamrih,” tegas Drs. Ec. Margiono, MM, K3 Kuliner di ruang kerjanya.


Poedianto.