Kata sambutan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Walikota Surabaya Tri Risma Harini yang dibacakan oleh Drs. Hery Musika Djaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya dalam tema SDM Unggul Indonesia Maju. Sambutan pada upacara hari kemerdekaan di halaman sekolah pagi ini (17 Agustus 2019) mengingatkan bahwa perjalanan negara akan masuk pada fase persaingan global, persaingan antar negara-negara maju. Oleh karena itu, hanya sumber daya manusia rakyat Indonesia yang handal yang akan bisa menanggulangi persaingan tersebut.

“Kita harus refleksi diri kebelakang untuk mengingat perjuangan para pahlawan. Jangan sampai kita terpecah-pecah karena politik devide et impera yang dilakukan perusahaan dan negara asing,” papar Hery Musika Djaya.

Lebih lanjut Hery Musika Djaya memaparkan bahwa tahun 2020 Indonesia sudah masuk era perdagangan bebas. Yaitu fase “The World Trade Organization (WTO). “Era inilah dibutuhkan mental generasi muda yang tangguh dan tidak kenal menyerah, tidak mudah putus asa agar eksistensi bangsa dan negara terjaga kelangsungannya,” tambahnya.

Upacara pagi ini diawali merapikan barisan antar kelas. Kibar bendera oleh paskibra, hening cipta, pembacaan sila-sila Pancasila dan pembacaan teks UUD 1945. Kemudian ditutup baris berbaris (PBB) perkusi.

-Majalah Jendela-