Penulis : Poedianto

Dengung gong LKS SMK tingkat provinsi Jawa Timur sudah terdengar. Lomba akan digelar tanggal 24 Maret hingga tanggal 26 Maret 2022. Itu pertanda dimulainya siswa-siswa unggul sekolah kejuruan berbenah untuk berlaga di medan LKS SMK tingkat provinsi. Sudah barang pasti bagi peserta lomba yang unggul di LKS tingkat Wilker. Kini mereka harus menunjukkan kemampuanya menghadapi pemenang-pemenang tingkat Wilker lainnya. Di Jawa Timur ada 4 Wilker (wilayah kerja). Wilker Surabaya, Malang, Jember dan Madiun. Satu Wilker terdiri dari beberapa Kabupaten dan Kota.

Siswa SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya sudah membuktikan kepiwaianya pada lomba tingkat Wilker 1. Betapa tidak ! Salomitha Manna, kelas 12 ULW peserta lomba Tourist Industry dan M. Bagas Prasetiyo, Andika Maulana, kelas 12 Tata Boga peserta lomba Culinary, kesemuanya melaju ke lomba tingkat provinsi.

“Untuk tingkat provinsi pesaing yang kuat adalah Malang dari Wilker 3. Namun siswa kami sudah di latih untuk menghadapinya,” ujar Novi Ariyani, S.Pd, guru pembimbing lomba Culinary SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya kepada Majalah Jendela.

Pelaksanaan lomba LKS SMK tingkat provinsi tanggal 24, 25, 26 Maret 2022. Untuk lomba Culinary antara lain ialah Appetizer (makanan pembuka) dengan waktu 2 jam 30 menit pada tanggal 24 Maret 2022. Maincourse (makanan utama) dengan waktu 5 jam 30 menit pada tanggal 25 Maret 2022. Dessert (makanan penutup) dengan waktu 2 jam 30 menit pada tanggal 26 Maret 2022.

“Latihan-latihan sudah kami berikan kepada anak didik kami. Seperti memasak salad seafood bahan udang, ikan kakap merah dengan alpokat. Olahan ayam dengan brokoli dan olahan bebek dengan wortel. Makanan tradisional khas Indonesia dengan penambah fruit mousse. Makanan tradisional dengan kreasi kontinental (internasional). Semuanya sudah dilatih oleh para guru pembimbing. Tetapi tidak kalah pentingnya adalah kebersihan ruang kerja dan alat kerja di area lomba. Insya Allah, siswa kami unggul di tingkat provinsi dan maju ke tingkat nasional,” papar Novi Ariyani dengan mimik serius.

Di tempat terpisah Drs. Ec. Margiono, MM, Guru Kewirausahaan berharap siswanya menang di lomba LKS tingkat provinsi. Amin.

Tempat lomba Culinary di SMK Negeri 6 Surabaya dengan penanggung jawab SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya.

Untuk lomba Tourist Industry di SMK Negeri 10 Surabaya.

Novi Ariyani, S. Pd, Bagas Prasetiyo, Andika Maulana, Aris Susanto, S. Pd
  • Majalah Jendela-