Alumni SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya (tahun 2011-2014) Ruth Dio Adora berhasil menjadi reporter Metro TV di Jakarta.

Ruth Dio, sapaan keseharian, kala masih duduk di bangku sekolah sangat aktif di Osis bidang kerohanian agama Kristen. Di ekstra kurikuler jurnalistik bidang Majalah Jendela juga aktif mengisi beberapa berita kegiatan sekolah. Misalnya, peringatan hari kemerdekaan, hari Kartini, bikin puisi dan menulis lainnya lagi.

“Saya sangat suka ketemu publik. Suka belajar ilmu pengetahuan dan kemasyarakatan. Sampai kinipun gemar belajar dengan hal baru,” tulisnya di data diri.

Ruth, setelah menamatkan kuliah di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) fakultas komunikasi (tahun 2014-2018), mengabdi sebagai reporter TV RI, Surabaya, BBS TV, Surabaya dan kini reporter Metro TV di Jakarta. “Kuncinya adalah harus disiplin,” tulisnya di data diri.

Tidak hanya Ruth Dio Adora (UPW) yang sukses meniti karir (reporter) setelah lulus dari SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya, Resti ( UPW, mantan ketua Osis) juga berhasil menempuh kuliah di negara Cina, Rangga Galuh (UPW), Aris Susato (APH), keduanya kini menekuni sebagai guru kepariwisataan di SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya, Fransisca (APH) bersama lima temannya juga berhasil mendapat bea siswa di Institut Europe Indonesia, Faizin (APH) berhasil mengabdi di TNI AL, dan banyak lagi yang sukses setelah lulus sekolah.

Rahindriati Rahaju, S. Pd, K3 UPW, SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya, mengutarakan bahwa siswa-siswa yang berhasil serta berprestasi tersebut, pada dasarnya mempunyai sifat hormat kepada orang tua dan guru. Dan mereka tanggap serta termotivasi terhadap situasi lingkungannya. Maka, kemampuan dan ilmu pengetahuan mereka bisa diterapkan serta dapat digunakan di profesi dan posisi mereka masing-masing,” papar Rahindriati Rahaju.

-Majalah Jendela-