Hari ke lima (27 Agustus 2021) In House Training Program Sekolah Penggerak SMK Pusat Keunggulan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya membahas materi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Yang pada pokoknya membentuk peserta didik dalam dimensi profil pelajar Pancasila.

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Gotong Royong.
  4. Kreatif.
  5. Mandiri.
  6. Berpikir kritis.

Pemateri tentang ini ialah Ayu Wahyu Ratnaningtyas, S. Pd, Guru Bimbingan Konseling dan Rusdianto, S. Pd, Guru IPAS.

“Profil pelajar Pancasila adalah hasil kelulusan yang berkarakter budi luhur serta berkompetensi nilai kerja. Yang intinya meraih kelulusan siswa yang menguatkan nilai-nilai luhur budaya bangsa,” papar Ayu Wahyu Ratnaningtyas dengan mimik serius.

Sementara Rusdianto, S. Pd, memimpin bernyanyi Garuda Pancasila kepada peserta IHT. Dan mengatakan agar membentuk siswa berpikir kritis.

Abdul Kudus, S. St. Par, MM, Guru Produktif UPW mengatakan bahwa semua training harus menyentuh kepariwisataan. Apalagi saat pandemi.

“Pentingnya mensosialisasi keberadaan kepariwisataan di Indonesia. Menggalakkan produk kreatif di sekitar kawasan wisata. Memberikan motivasi kepada seluruh pelaku pariwisata,” ujar Abdul Kudus yang juga pengurus Tour and Travel 3G Pesona di Surabaya.

Lain halnya Drs. Choirul Wadud, Guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa menyoroti kehalusan sastra.

“Sastra itu menghaluskan budi pekerti, sastra itu mengarah pada pembentukan pelajar Pancasila dan sastra itu memerdekakan pikiran,” kata Choirul Wadud yang juga penulis cerpen.

Ary Wahyu Ratnaningtyas, S. Pd.

-Majalah Jendela-