Ni Made Aryani, SE, Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya telah mengajarkan siswanya cara membuat telor asin.

“Kali ini membuat telor asin. Berikutnya cara membuat manisan blimbing wuluh. Kalau ingin menghasilkan produk terbaik, dibutuhkan kerja sama antar siswa yang kompak,” tutur Ni Made Aryani.

Dhiny, Dwiki, Erika, Eka Risti, Devina, siswa kelas 12 Perhotelan 3 pagi ini (20 Agustus 2019) telah memetik hasil dari membuat telor asin.

Prosedur membuat telor asin : Batu bata ditumbuk dicampur garam grosok (kasar) diberi air secukupnya dan diaduk sampai rata. Telor bebek dicuci bersih, lalu setiap butir telor dibubuhi campuran bubuk bata dan garam, dikepal-kepal, kemudian diletakkan di bak satu persatu dengan hati-hati. Dibiarkan dalam bak terbuka selama 14 hari. Setelah 14 hari telor-telor tersebut dibersihkan dari bubuhan bubuk bata dan garam. Lantas dikukus 30 menit (hingga masak).

“Airnya harus terukur. Kalau kebanyakan air bisa lembek. Bubuk bata dan garam tidak bisa melekat di telor. Makanya airnya harus terukur, sehingga bubuk bata dan garam bisa melekat dan merasuk di telor,” ujar Dhiny.

-Majalah Jendela-