Tri Wulandari, A. Md. Keb, Nurul Komariya, A. Md,. Keb, keduanya dari Lembaga Kanker Indonesia (LKI) Jalan Simorejo Sari B XIII – 22 Surabaya (pusat di Bandung) memberi penyuluhan tentang penyakit kanker kepada guru serta karyawan SMK Satya Widya Surabaya.

Berbagai jenis kanker dijelaskan dengan serius dan mendapat sambutan yang anthusias. Kanker rahim, kanker payudara, kanker mulut dan kanker prostat (bagi lelaki). Pemicunya, antara lain, pola makan dan pola minum yang kurang sehat, kurang olahraga, kebanyakan duduk (lebih 8 jam), polusi udara dan pemicu lainnya lagi.

Minyak Goreng

Penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang-ulang bisa mengakibatkan kanker.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga tidak boleh dihangatkan berulang kali. Ini juga bisa kena kanker.

Polusi Udara

Polusi udara di jalan raya, asap rokok dan udara kotor lainnya juga bisa mengakibatkan kanker.

Prostat

Pemicunya, kurang olahraga, seks usia dini dan kebanyakan duduk.

Gejala

Gejala awal susah buang air kecil, terasa sakit di bawah perut dan keluar air kencing campur darah.

Kanker Rahim

Pemicunya, sering ganti-ganti pasangan (bersetubuh), menikah dini dan kurang menjaga kebersihan pakaian dalam.

Kanker Payudara

Pemicunya, ibu yang tidak mau menyusui bayinya, atau menyusui hanya pada sebelah payudara saja dan kegemukan (obesitas).

Sirsat

Daun sirsat atau buah sirsat. Tanaman ini berkhasiat hingga 35 prosen anti kanker. Caranya, daun 9 lembar, dimasak dengan air 3 gelas sampai mendidih. Sisakan 1 gelas dan diminum. Ini dilakukan selama tiga tahun secara terus menerus. Bila buahnya yang di konsumsi harus sudah matang (masak) di pohon. Tetapi bagi yang punya darah rendah dilarang mengkonsumsi ini.

Benalu Teh

Tanaman ini mengandung 50 proses anti kanker. Dipetik putingnya 1 ons dimasak dengan air hingga mendidih. Sisakan segelas dan diminum. Ini harus dilakukan terus menerus selama enam bulan.

Temu Putih

Temu putih yang sudah keluar bunga berwarna merah, bisa menyembuhkan kanker. Yang digunakan adalah umbinya. Dimasak dengan air secukupnya, diminum segelas. Atau bisa umbinya dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Ukurannya ialah satu sendok kecil bubuk umbi temu putih diaduk dengan air matang, kemudian diminum. Temu putih mempunyai kandungan 95 prosen anti kanker. Ini dilakukan satu bulan berturut-turut. Tetapi bagi wanita hamil dan wanita menyusui dilarang mengkonsumsi ini.

Temu Putih juga berkhasiat bagi penderita asam urat, diabetes, nyeri lambung dan beberapa penyakit lainnya.

-Majalah Jendela-