Komponen pendidikan, sekolah, piranti-piranti belajar, siswa dan regulasi pendidikan. Kesemuanya ini seyogyanya selaras, seiring dalam pratik keseharian pembelajaran. Yang harapannya ialah pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan serta akuntabel.

Maka konsentrasi pada kualitas capaian, kualitas proses belajar, kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Yang pada ujungnya adalah kualutas sekolah.

Fasilitasi IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) yang bentuk realnya In House Training. SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya sedang melaksanakan mulai tanggal 31 Agustus hingga 10 September 2022 di Kirana Resto. Acara ini dihadiri jakaran pimpinan serta guru dan staf kantor sekolah.

“Untuk menambah pengetahuan, guru harus rajin membaca dan menulis. Itu kuncinya,” ujar Dr. Siyamta dari BBPPMPV BOE, Malang, di tengah In House Training.

Sementara Nurul Trihanik, S Sos, Staf TU, mengutarakan bahwa IHT ini kali sangat besar manfaatnya bagi guru dan tenaga kependidikan.

“Setidaknya bisa untuk mengukur posisi sekolah. Yang baik kita pertahankan, yang kurang baik kita perbaiki,” kata wanita yang handal dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab ini serius.


Poedianto