Oleh : Alfaricha Ardiana
Kelas : XII UPW

Nama saya Alfaricha Ardiana kelas 12 jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Sebelum dipilih menjadi perwakilan lomba, saya dan 5 teman sekelas saya di gembleng untuk persiapan pemilihan lomba oleh guru-guru kami. Dan akhirnya saya terpilih jadi perwakilan sekolah untuk 5 besar di willayah kerja 1 LKS 2019 di Bojonegoro.

Untuk menuju Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jawa Timur 2020 yang di selenggarakan di Tulungagung. Tentu saja saya mengikuti lomba bidang Pariwisata. Berangkat bersama dengan Bapak Kepala Sekolah Drs. Hery Musika Djaya, MM, Bapak Abdul Kudus, MM yang setia mengajarkan saya, dan Bapak Pudianto yang selalu mendukung saya serta melaporkan semua kegiatan lomba, baik di Bojonegoro maupun di Tulungagung lewat reportase-reportasenya. Pembukaan yang sangat meriah dan dihadiri oleh peserta semua bidang lomba. Pertunjukan tari serta musik dari berbagai SMK se-Jawa Timur ikut menambah gegap gempita acara di Gor Lembu Peteng Tulungagung.

Di perlombaan tersebut saya sangat antusias karena semua pesaing saya merupakan anak yang sangat hebat dari SMK kota masing – masing. Ditambah lagi ilmu pengetahuan saya juga meluas karena saya bisa mengerti dan paham tentang budaya daerah dengan ciri khasnya pada acara perlombaan. Jenis yang dilombakan adalah Ticketing, Tour Planning dan Guiding. Semua perlombaan menggunakan Bahasa Inggris. Penutupan juga tak kalah seru. Penutupan lomba oleh Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. yaitu Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sangat berharga menjadi siswa yang dapat mengikuti lomba (LKS) tersebut dan dapat membanggakan nama sekolah saya SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya.

Semoga pengalaman saya bermanfaat bagi adik-adik kelas. Amin.