Hari yang kedua In House Training Program Sekolah Penggerak (PSP) SMK Pusat Keunggulan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya (24 Agustus 2021).

Dalam kata pembuka In House Training tersebut Drs. Hery Musika Djaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya mengatakan bahwa pendidikan itu seumur hidup. Setiap zaman selalu ada program baru.

“Setiap zaman pasti ada program baru pendidikan. Karenanya kita selalu menambah ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan itu seumur hidup,” katanya.

Sebagai pemateri hari kedua In House Training ini ialah Naniet Hernita, SE, K3 Perhotelan dan Abdul Malik, S. Pd, M. Pd, guru bahasa Inggris. Keduanya memberikan materi Capaian Pembelajatan. Tujuannya adalah dapat dipahami dan dapat dikerjakan siswa. Capaian Pembelajaran, pendekatannya adalah siswa. Siswa yang dominan, bukan lagi guru.

Yusuf, M. Pd, guru bahasa Inggris /tour guiding mengutarakan yang utama adalah aplikasi proses ‘Merdeka Belajar” dalam kehidupan sehar-hari, sehingga selesai proses pembelajaran di sekolah, siswa dapat terjun di kehidupan real di masyarakat.

“Hal tersebut, oleh proses pendidikan Merdeka Belajar diejawantahkan dalam AN atau assesment nasional dan yang disasar pada kelas XI bukan kelas XII. AN tersebut berbasis komputer dan disingkat dengan ANBK atau assesment berbasis komputer. Di dalamnya terdapat materi penilaian literasi, numerasi, lingkungan dan karakter. Kesemuanya tidak berbasis pada hafalan atau pengetahuan semata. Tetapi lebih diaplikasikan bagaimana siswa dapat menerapkan ilmu di sekolah untuk kehidupan sehari-hari,” urai Yusuf . M. Pd yang juga Assesor Tour Guiding.

Naniet Hernita, SE.

-Majalah Jebdela-