IHT ke delapan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya, pagi ini (31 Agustus 2021) di buka dengan kata pengantar oleh kepala sekolah Drs. Hery Musika Djaya, MM.
Dalam kata pengantarnya Pak Hery, sapaan akrabnya, mengingatkan kepada guru dan tenaga kependidikan tentang persiapan proses belajar mengajar dengan tatap muka (PTM) persiapan piranti-piranti sekolah, tentang vaksin, tentang pergantian nama kompetensi keahlian APH dengan nama kompetensi keahlian Perhotelan dan banyak lainnya lagi.

Hari ke delapan IHT tentang presentasi guru. Semua mata pelajaran (Mapel) dipresentasikan oleh guru mata pelajaran masing-masing. Tentu saja dengan gaya dan metode sendiri-sendiri.

Pemilihan metode strategi dan teknik tatkala mengajar di kelas harus disesuaikan dengan kondisi siswa. Memang metode strategi dan teknik bisa unggul di kelas yang satu, namun belum tentu unggul di kelas lainnya. Maka semua metode strategi dan tekning guru dalam mengajar di kelas mempunyai karakteristik masing-masing.

Dra. Ratna Indarwulan, Guru Bahasa Jawa mengutarakan bahwa yang utama dalam proses belajar, terutama siswa harus memegang teguh etika, sopan santun untuk menghormati yang lebih tua.

“Gaya bicara, tata krama harus diterapkan saat bicara dengan orang yang lebih tua, “terang Ratna Indarwulan.

Pembelajaran bahasa Jawa pada hakikatnya sebagai pendidikan karakter di sekolah. Sebab penanaman budi pekerti sangat kental pada pembelajaran bahasa Jawa. Tentang etika bicara, etika sopan santun, filosofi serta nilai-nilai religius. Sudah barang tentu harus kontektual (Contextual Teaching and Learning). Kesemuanya akan membentuk pelajar Pancasila.

Nurjannah Rachman, S. Pd, Guru Matematika yang menyinggung PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

“PTM harus ada izin dari orang tua murid,” ujar Nurjannah Rachman.

Lebih lanjut Bu Nur, panggilan akrabnya, guru yang sabar ini mengatakan IHT selama sepuluh hari sangat bermanfaat bagi guru.

“Kesemuanya akan berguna untuk PTM. Insya Allah bermanfaat,” tambah Nurjannah Rachman.

Nurjannah Rachman, S. Pd.

-Majalah Jendela-