Mulai tanggal 27 hingga tanggal 31 Oktober 2022 digelar Pameran SMK PK (Pusat Keunggulan) se-Jawa Timur di Cito Surabaya (City Of Tomorow Mall ).Sebanyak 205 SMK PK negeri dan swasta menampilkan keunggulan masing-masing.

SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya memamerkan keunggulan masing-masing jurusan (kompetensi keahlian). Ada jurusan pariwisata (ULP), hotel dan tata boga (kuliner).

Edi Pranoto, S. Pd, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya mengutarakan bahwa sekolah yang dipimpinnya mengedepankan keunggulan-keunggulan siswanya dalam pameran tersebut. Baik siswa kelas pariwisata, kelas hotel maupun kelas tata boga.

“Jurusan hotel dengan hospitality industry, Tata Boga dengan pastry product dan food product serta pariwisata tentang dunia kepariwisataan,” papar Edi Pranoto.

Beberapa waktu yang lalu SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya telah membuktikan keunggulannya dalam lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat Jawa Timur di Bojonegoro, Surabaya dan Tulungagung. Bagas Prasetiyo dan Shalomitha Manna, siswa jurusan tata boga dan pariwisata itu berhasil masuk lima besar pada tingkat wilayah kerja (Wilker). Dan beberapa waktu yang lalu berhasil mengadakan workshop jurnalistik untuk siswa SMP se Surabaya.

SMK Negeri 1 Pogalan, Trenggalek, memamerkan hasil kreasi siswa jurusan Tata Busana. Seperti baju rumah, baju anak, baju atasan dan rok.

“Ini semua hasil kreasi siswa. Pameran ini bagus sebab bisa melihat kreasi-kreasi sekolah lain,” ujar Nonik Aprelia dan Dea Ramadani, keduanya siswa kelas 12 jurusan Tata Busana, SMK Negeri 1, Pogalan, Trenggalek.


Poedianto