Memorandum of Anderstanding (MOU) Hotel Bumi Surabaya City Resort dan SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya telah ditandatangani (Surabaya, 3 September 2019) oleh Bondan Prasetyo, General Manager Bumi Surabaya City Resort dan Drs. Hery Musika Djaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya. Ikut menandatangani juga Ita Munika, Director of Human Resources dan Prisna Andreanus Effendi, S. Pd, M. Pd, Waka Kurikulum SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya.

MOU tersebut mengenai Pelaksanaan Praktik Kerja Industri dan Kelas Industri. Tentang tempat pelaksanaan di sekolah dan di hotel.

Secara teori, pelaksanaannya di SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya. Dilaksanakan di kelas (kelas sudah ditentukan). Yaitu terdiri dari 30 siswa dan 8 guru SMK Pariwisata Satya Widya. Kesemuanya akan dididik oleh pihak hotel.

Pelaksanaan praktik kerja diadakan di Hotel Bumi. Namun dari jumlah siswa yang 30, akan disaring menjadi 20 siswa. Jadi yang akan menjalani praktik kerja adalah 20 siswa dan 8 guru. Pengajar praktikpun dari pihak hotel.

Adapun materi pembelajarannya Housekeeping (HK), Front Office (FO), Food and Beverage Service, Product, Bahasa Inggris, Sanitasi dan Budi Pekerti. Semua pengajar (teori dan praktik) dari pihak Hotel Bumi.

“Selama proses pengajaran, akan dinilai dari kondite, kecakapan dan perilaku baik. Dan kalau kesemuanya baik, Insya Allah bisa kerja di Hotel Bumi,” kata Naniet Hernita, SE, Kepala Kompetensi Keahlian (K3) Perhotelan SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya.

-Majalah Jendela-