Ika Florentina, GM Favehotel Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, memberi motivasi kepada 221 siswa perhotelan dan siswa tata boga di ruang Rosemary Meeting Room (17 Nopember 2020).
Motivasi ini untuk mendorong siswa agar mengerti tujuan hidup dalam masa-masa mendatang serta membangun pribadi berdaya saing tinggi.

“Mau kemana hidup mendatang. Setidaknya sepuluh tahun akan datang. Tujuan hidup adalah sukses. Baik dalam karir atau studi. Maka harus belajar dan belajar. Setapak demi setapak harus dititi,” paparnya.

Berlanjut dengan tanya jawab bersama siswa. Setelah lulus mau kerja apa? Setelah lulus mau kerja atau usaha ? Cita-citamu apa ?

Berbagai jawaban siswa terucap. Mau jadi GM di hotel berbintang. Mau jadi sales manager.

Selanjutnya, siswa diperintahkan untuk menulis cita-cita tersebut di lembar kertas.

Lalu, siswa disuruh membayangkan aktivitas-aktivitas kalau tercapai cita-cita tersebut. Tatkala siswa membayangkan aktivitas -aktivitas, lampu ruangan dimatikan. Sembari siswa membayangkan kesuksesan dengan suasana ruangan gelap, Ika Florentina, terus memotivasi dengan tutur pelan sambil memerintahkan kepada siswa mengambil nafas dalam-dalam. Dan tiba-tiba lampu terang. Disini, muncul berbagai perasaan siswa untuk sukses.

“Satu lagi yang penting, dalam meniti karir, yaitu penampilan. Penampilan itu menentukan kesuksesan,” tambah Ika Florentina.

“Bagus, cara motivasi seperti ini. Saya bisa merasakan masa-masa depan diri saya,” kata Salsabila, siswa kelas 11 Perhotelan 4 dengan serius.

(Majalah Jebdela)