Tri Endang Kustianingsih, M. Pd, Kabid Sekolah Menengah, Dinas Pendidikan Kota Surabaya membuka lomba seni jenjang SMP di SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya pagi ini (26 Nopember 2022).

Sebagai rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan (10 Nopember 2022) SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya, mengadakan berbagai lomba seni untuk siswa SMP. Lomba tari tradisional, dance, band dan akustik.

“Acara ini bisa dipakai sebagai ajang seni, apresiasi, ekspresi minat bakat siswa. Dan semua ini bagian dari promosi sekolah,” papar Tri Endang Kustianingsih.

Mantan Guru SMK Negeri 2 Tarakan, Kalimantan Utara ini, lebih lanjut mengutarakan bahwa minat bakat bisa diasah lewat lomba. Bisa lomba culinary (memasak), house keeping (menata kamar), lomba bahasa Inggris dan lomba lainnya.

“Menata kamar itu ada tekniknya, ada caranya, makanya ada lomba. Kompetensi siswa ini bisa dipakai untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lewat jalur prestasi. Seperti prestasi di bidang seni, olahraga dan lainnya,” urainya dengan didampingi Edi Pranoto, S. Pd, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya dan Ary Wahyu Ratnaningtyas, S. Pd, Ketua Panitia, di ruang kerja kepala sekolah.

Peserta yang ikut lomba seni tersebut, SMP Bina Insani (tari tradisional), SMP Barunawati (dance), SMP Giki 2 (akustik), SMPN 3 (tari treadisional), SMPN 10 (band), SMPN 29 (band), SMPN 56 (dance dan band), SMPN 58 (dance), SMP Lab. School (akustik), SMP Budi Sejati (dance), SMPN 60 (tari tradisional), SMP Muhammadiyah 2 (band), SMPN 37 (band), SMP Taruna Jaya 1 (dance), SMPN 31 dan SMP lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, sekolah kejuruan ini mengikuti Pameran Pendidikan SMK Pusat Keunggulan (PK) se Jawa Timur di Cito Surabaya selama lima hari (27-31 Oktober 2022) dan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Acara pameran tersebut sangat sukses.

Pada saat memperingati Hari Pahlawan juga mengadakan berbagai acara musik, drama, puisi, fashion show dan paduan suara.

Dan kini, mengadakan macam-macam lomba seni. Lomba tari tradisional, dance, akustik dan band.

Menurut Asyifa dan Hidayah, siswa kelas 10 Kuliner 2, bahwa acara ini bisa merapatkan hubungan antara SMP dengan SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya.

Semua peserta lomba sudah mempersiapkan diri dengan masak-masak. Dan menjaga sportifitas, etika serta ketentuan-ketentuan dari panitia.

“Siswa kami juga ikut menyemarakkan acara ini dengan dance, band, tari Lenggang Satya Widya,” terang Agus Prianto, S. Pd, Sie Acara.

Banyak bakat seni yang terpendam. Karenanya dengan mengikuti lomba, setidaknya bisa terangkat bakat seni para siswa.

Sementara para juri, Rusdianto, S. Pd (Waka Kesiswaan), Drs. Khoirul Wadut (Guru Bahasa Indonesia), Rangga Galung Rihardika, S. ST. Par (Guru Pariwisata) dan Valent Nikka Castity, S. Pd ( Guru Seni Budaya).

Tri Endang Kustianingsih, M. Pd.

Poedianto