Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS) Wilayah Kerja 1 Jawa Timur diadakan di Pamekasan, Madura (11 Januari 2022) oleh Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. LKS dihadiri oleh utusan dari berbagai kota-kabupaten se Wilker 1 Jawa Timur. Dari Surabaya,, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan lainnya lagi. Serentak dengan itu tanda diawalinya lomba-lomba bidang kompetensi masing-masing.

SMK Negeri 10 Surabaya ketempatan lomba guiding. Tak kurang dari 6 sekolah kejuruan mengikutinya. SMK Satya Widya Surabaya, SMK Negeri 17 Surabaya, SMK Negeri 4 Surabaya, SMK Negeri 10 Surabaya dan sekolah kejuruan lainnya lagi. Lomba guiding ini diantaranya meliputi tatacara menjemput tamu di bandara, menerangkan tata letak dan sejarah kepariwisataan, menunjukkan jalan ke tempat-tempat wisata kepada turis dan banyak lagi. Ini semua sudah barang tentu dengan komunikasi memakai bahasa Inggris.

^Semua persiapan jurusan UPW di sekolah kami sudah matang. Siswa kami sudah kami gembleng. Insya Allah akan menang dalam LKS kali ini. Sebab LKS tahun lalu siswa kami menang di tingkat wilker dan masuk ke tingkat provinsi,” urai Abdul Kudus, S. St. Par, MM, pendamping dan pembimbing peserta lomba guiding SMK Satya Widya Surabaya.

SMK Satya Widya Surabaya mengirim Shallomitha Manna Hermanto Putri, siswa kelas 12 UPW, Mochamad Bagas Prasetyo, kelas 12 Tata Boga dan Alya Vegita Khustyawarni Putri, kelas 12 Perhotelan.

Lomba jurusan kepariwisataan di SMK Negeri 10 Surabaya, jurusan tataboga di SMK Negeri 6 Surabaya dan jurusan perhotelan di Pamekasan, Madura.

“Semoga siswa kami juara. Menang di tingkat nasional akan dapat bia siswa masuk PTN dari negara,” kata Prisna Andrianus Effendi, S. Pd, M. Pd, Waka Kurikulum SMK Satya Widya Surabaya.

Di tempat lain, H. Akir Purnomo, M. Pd, koordinator lomba guiding LKS mengutarakan bahwa LKS akan bisa menambah wawasan siswa.

“Yang utama juri LKS harus jujur, adil. Sehingga bisa memotivasi semua siswa peserta lomba,” harap Hadi Wiyoto, S. St. Par, guru Front Office di ruang kerjanya.

Guru pendamping peserta lomba SMK Satya Widya Surabaya ialah Rahindriati Rahayu, S. Pd, Abdul Kudus, S. St. Par, MM, Rangga Galung Rihardika, S. St. Par untuk UPW (pariwisata), Naniet Hernita, SE. S. St. Par, Prisma J Hastian, S. Sos untuk Perhotelan, Edi Pranoto, S. Pd, MM, Raken Fitrianing Syahri, S. Pd, Novi Ariyani, S. Pd untuk Tata Boga.

“Kami targetkan siswa kami masuk tiga besar. Sebab kami dalam membimbing tidak main-main,” ujar Prisma J. Hastian, guru pendamping lomba front office dengan serius.

Shallomitha M. masuk 5 besar lomba kepariwisataan di SMK Negeri 10 Surabaya.

Poedianto
Majalah Jendela