Tidak hanya kaum perempuan yang harus berdandan, namun lelakipun harus pandai berdandan. Sebab di dunia kerja senantiasa dibutuhkan penampilan yang menarik. “Lelakipun harus mengerti tentang client. Maka lelaki di tempat kerja seyogyanya berpenampilan dandi,” tegas Anik Ambarini, pimpinan Sari Ayu.

Hari ini (20 Agustus 2019) acara Beauty Class SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya mengajarkan cara berdandan, berpenampilan bagi siswa lelakinya. 150 siswa lelaki kelas 11 dari Kompetensi Perhotelan, Tata Boga dan Usaha Perjalanan Wisata belajar berpenampilan baik dari Sari Ayu.

Rizky Sukma, Beauty Consultan Sari Ayu memaparkan bahwa lelaki lebih simpel dalam berdandan. Agar berpenampilan baik, lelaki cuma menggunakan pembersih, scrub (untuk menghilangkan sel-sel mati di wajah), masker dan pelembap. “Ini semua agar lelaki bisa berpenampilan baik di mata client,” kata Rizky Sukma.

Edi Pranoto, S. Pd, Guru Produktif Perhotelan dan Tata Boga mengutarakan pentingnya performance lelaki dalam dunia kerja dibidang jasa pelayanan. “Makanya siswa kami, perlu diberi pemantapan dan pengayaan tentang cara berpenampilan menarik di mata customer,” ujar Edi Pranoto di sela-sela kesibukannya mengajar.

-Majalah Jendela-