Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya melatih kepemimpinan kepada siswa SMA Maryam, SMA Giki 3, SMK 45, SMK Pariwisata Satya Widya dan sekolah SMA/SMK yang lainnya lagi se Surabaya di Kebon Bibit 1, Manyar, Surabaya.

Pelatihan selama 3 hari (21-23 Agustus 2019) meliputi loyalitas, edukasi, advis (nasehat), disiplin, dan permainan lapangan (magictik, traffic jam, glass stacking).

Andy Sulistiyo, pelatih traffic jam memaparkan bahwa permainan ini melatih hubungan pemimpin dengan yang dipimpinnya. Komunikasi yang cair dibutuhkan untuk mencari jalan keluar dari kemacetan atau mencari pemecahan masalah. “Tukar pikiran pemimpin dan yang dipimpin untuk melancarkan kemacatan sesuatu,” kata Andy Sulistiyo.

Permainan magictik dilatih oleh Dita Sukirno. Permainan traffic dilatih oleh Andy Sulistiyo dan permainan glass stacking dilatih oleh Ema.

Rusdianto, S. Pd, Waka Kesiswaan SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya mengatakan acara ini bisa mengenal sesama pelajar se Surabaya, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan disiplin terhadap diri sendiri dan kelompok. “Kalau soal jenis-jenis permainannya, itu sudah umum,” kata Rusdianto.

Rusdianto, S. Pd

-Majalah Jendela-