SMK Pariwisata Satya Widya, Surabaya mendatangkan “Guru Tamu” dari berbagai keahlian. Kompetensi Keahlian Perhotelan mendatangkan guru tamu manager hotel, Kompetensi Keahlian Tata Boga mendatangkan guru tamu chef pastry, main kitchen dan banquet. Sementara Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata mendatangkan Garuda Airline (5 Nopember 2019) untuk memberi wawasan tentang dunia penerbangan bagi 60 siswa kelas 10, 11 dan kelas 12 UPW.

“Ticketing, tour planning dan guide harus dikuasai oleh siswa lulusan UPW. Karenanya, kami pernah mendatangkan guru tamu dari Sriwijaya Airlines beberapa waktu yang lalu. Sekarang dari Garuda Airline,” tutur Galang Ananda (kelas 12 UPW) sekaligus panitia acara Guest Teacher.

Abdul Kudus, S. ST. Par, MM, guru pariwisata, mengutamakan tentang penguasaan tahapan-tahapan pelaksanaan acara bagi siswa. Seperti seminar, workshop, talkshow, agar siswa mampu mengelola acara guest teacher yang dikemas dalam berbagai event untuk bekal siswa setelah menyelesaikan belajar di bangku sekolah.

“Setidaknya paham akan proses dan tahapan persiapan. Diantaranya menyusun kepanitiaan, mengundang pembicara serta pelaksanaan. Seperti acara yang didatangi Garuda Airline kali ini,” papar Abdul Kudus.

Lain halnya Ujang Suhendra, S.Pd, MM, K3 Tata Boga mengatakan bahwa yang utama adalah “groming.” Seperti etika dan tata kesopanan siswa.

“Sopan berpakaian, sopan bertutur dan sopan tindak-tanduk. Ini semua merupakan karakter yang baik untuk bekal di dunia kerja,” kata Ujang Suhendra.

-Majalah Jendela-