The Alana Hotel Surabaya mendeklarasikan komitmen dalam dunia pendidikan yaitu mengenai dunia pariwisata khususnya perhotelan bagi guru serta siswa–siswi SMK sederajat maupun universitas melalui program Hospitality Learning. Program itu berbentuk pelatihan mengenai dunia perhotelan yang meliputi manajemen dan operasional perhotelan.

Acara penandatanganan MoU yang dilaksanakan antara The Alana Surabaya dengan SMK Pariwisata Satya Widya merupakan langkah awal kerja sama The Alana Surabaya yang dipercaya untuk mendampingi kelas industri yang kedepannya akan mencetak lulusan – lulusan sesuai dengan standardisasi The Alana Surabaya.

Setelah penandatanganan MoU tersebut, dilanjutkan dengan kegiatan Hospitality Learning yang diikuti oleh seluruh stakeholder sekolah, guru, serta administrasi hingga security. Kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan visi dan misi antara SMK Pariwisata The Alana Surabaya dengan The Alana Surabaya. Sehingga dapat muncul komitmen dari para guru untuk menjadi inspirasi bagi setiap siswanya.

Setelah Hospitality Learning bagi para guru dan juga seluruh stakeholder sekolah, maka akan dilaksanakan sinkronisasi kurikulum. Setelah itu akan diadakan rekrutmen kelas industri dimana disini The Alana Surabaya juga akan mendampingi pihak sekolah untuk proses rekrutmen nya. Diharapkan input dari kelas industri ini dapat meningkatkan kualitas para siswa dan sesuai dengan standar The Alana Surabaya.

Pembelajaran di Sekolah atau Hotel

Setelah adanya perekrutan tersebut, dilanjutkan dengan adanya dosen tamu atau guru tamu dimana nanti The Alana Surabaya akan memberikan pembelajaran di sekolah ataupun ke hotel. Dalam kelas industri tersebut, setelah proses pembelajaran akan diarahkan untuk on the job training di The Alana selama 6 bulan.

Apabila setelah masa on the job training para siswa siap untuk terjun di lapangan kerja, maka The Alana Surabaya akan membantu untuk penempatan di The Alana Surabaya sendiri atau bahkan seluruh hotel dari grup Archipelago International dimana ada 153 hotel yang tersebar di Indonesia Singapore, Malaysia dan Dubai.

“Acara ini merupakan kerja sama pertama dan kami berharap adanya kerja sama ini merupakan awalan bagi kerja sama Hospitality Learning lainnya. Namun, SMK sederajat ataupun institusi pendidikan lainnya yang mau berkolaborasi dengan The Alana Surabaya, mereka harus memiliki komitmen yang tinggi terutama seluruh stakeholder sekolah,” tutur Ika Florentina, selaku General Manager The Alana Surabaya.

“Pada intinya, kami juga terbuka dengan segala bentuk kerjasama dengan institusi pendidikan lainnya. Karena tujuan kami dengan adanya program ini, The Alana Surabaya bisa berkontribusi sepenuhnya untuk pendidikan di dunia pariwisata khususnya perhotelan serta kaloborasi untuk meningkatkan kembali dunia pariwisata,” tambah dia.

sumber : https://www.solopos.com/gandeng-smk-universitas-the-alana-surabaya-support-pendidikan-vokasi-1187222 , https://www.madiunpos.com/support-pendidikan-vokasi-the-alana-surabaya-gandeng-smk-universitas-1060041 , https://www.semarangpos.com/support-pendidikan-vokasi-the-alana-surabaya-gandeng-smk-universitas-1051504