Kecanggihan teknologi membawa kemajuan di segala lini kehidupan. Tentang hubungan-hubungan perdagangan, pendidikan, kebudayaan, pemasaran produk, kewirausahaan dan kemajuan lainnya lagi.

Misalnya hal pemasaran, ada produk, kualitas, transportasi permintaan dan segala bagian dari marketing. Ini semua bisa lancar karena ditunjang dengan canggihnya alat-alat komunikasi, termasuk digital marketing.

Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing oleh Sjahrizal Kurniawan, Pimpinan PT. Digital Solusi Indonesia, yang intinya adalah perdagangan harus memperhatikan rambu-rambu. Artinya jeli terhadap konstelasi yang mempengaruhi perdagangan, kewirausahaan serta bila memproduk barang atau jasa diusahakan bisa membuat kesan konsumen.

“Utamanya adalah yang dibutuhkan masyarakat. Apalah artinya sebuah produk kalau tidak dibutuhkan masyarakat. Baru masuk pada lebel, kemasan produk. Semua itu yang mempengaruhi harga. Itu semua harus melalui riset. Riset itu penting,” kata Drs Ec. Margiono, MM, K3 Kuliner, SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya.

Sementara Abdul Malik, M. Pd, Guru Bahasa Inggris, menambahkan bila memilih nama, warna sebuah kemasan produk seyogyanya menyesuaikan dengan selera masyarakat.


Poedianto.