Penulis : Poedianto

Job Fair, Bursa Kerja Khusus, dibuka oleh Drs. Hery Musika Jaya, MM, Kepala SMK Pariwisata Satya Widya Surabaya di Kirana Resto (16 Juni 2022).

15 perusahaan berpartisipasi dalam Job Fair. Dianranya Goldvitel, Max-One Hotel, PT. Idea Indonesia dan lainnya lagi. Perusahaan-perusahaan ini dengan senang hati melayani pencari kerja yang minta keterangan segala sesuatunya. Sudah barang pasti harus sesuai kreterium yang dikehendaki masing-masing perusahaan.

Sebanyak 95 orang pencari kerja datang di setiap stand perusahaan untuk memdapatkan informasi. Pencari kerja banyak yang baru lulus sekolah kejuruan. Mereka dari Surabaya, Tuban serta Bekasi.

“Saya ke Surabaya mencari kerja yang bersifat tetap. Sebelumnya saya kontrak kerja selama tiga tahun di Bekasi,” ujar Paisal Sefiadi, alumni SMK Negeri 1, Bekasi.

Sama halnya Dwi Anggunia dan Fitri Lailaturahma, keduanya alumni SMK Negeri 1 Rengel, Tuban, berharap dapat kerja di bagian admin atau accounting.

“Kami ingin kerja di bagian admin atau accounting. Sebab sesuai dengan pendidikan kami,” kata keduanya dengan mimik serius.

Kerja adalah predikat yang menjadi harapan semua orang, apalagi anak-anak muda yang baru lulus sekolah kejuruan. Dengan kerja, akan mendapat penghasilan. Hal ini bisa untuk biaya kuliah, untuk membantu ekonomi orang tua dan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Atau berwirausaha. Tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit dan keahlian yang memadai. Dunia dagang ada komponen yang siimbang. Biaya produksi, mutu produksi, ongkos kerja, ongkos transportasi, pemasaran yang luas dan pembeli. Semuanya seyogyanya dihitung dengan sangat hati-hati.

Rizky (sales), Udin (HRM) keduanya dari Goldvitel, Surabaya, mengutarakan butuh tenaga kerja yang skill, knowledge dan etique.

“Tenaga kerja yang terampil, berpengetahuan dan beretika, itu yang dibutuhkan. Semuanya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan,” kata Udin dan Rizky.

Dengan nada yang sama Subandi dari PT. Idea Indonesia akan menilai terhadap tenaga kerja yang menguasai teknik, mampu berkomunikasi dan beretika baik.

“Kami mengutamakan yang perfect terhadap komunikasi, teknik dan skill,” katanya.

Job Fair Bursa Kerja Khusus ini dipimpin oleh Rangga Galung Rihardika, S. ST. Par.

Pembukaan Job Fair
Subandi bersama Majalah Jendela

-Majalah Jendela-