General Manager The Alana Hotel Surabaya, Ika Florentina saat melakukan penandatanganan MOU Hospitality Learning Indusry bersama guru-guru SMK Satya Widya, Jumat (29/10/2021). (Foto: Rian Fergiawan Listanto/TIMES Indonesia)

 The Alana Hotel Surabaya resmi membuka program Hospitality Learning Package, yakni program yang diperuntukan bagi sekolah-sekolah menengah kejuruan yang ada di Indonesia, khususnya Surabaya.

General Manager The Alana Hotel Surabaya, Ika Florentina mengatakan, program ini akan membantu guru dan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) khususnya jurusan pariwisata dan perhotelan untuk bisa berkarir di dunia kerja kedepannya.

‘’Hampir 95% dari anak-anak muda atau youngest generation terutama yang ada di SMK mereka less of goals atau tidak punya tujuan. Jadi ketika mereka lulus tidak tau mau jadi apa, ini jadi susah,’’ ujar Ika Florentina, Jumat (29/10/2021) 

Ditemui pada acara penandatanganan MOU Hospitality Learning Indusry bersama guru-guru SMK Satya Widya, Ika Florentina menjabarkan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan apabila sekolah menengah kejuruan berminat dalam program ini.

Pertama ialah fasilitas yang akan diberikan kepada para guru pendamping, untuk turut serta menginap selama 2 hari 1 malam di The Alana Hotel Surabaya. Para guru ini nantinya akan mendapat pelatihan terkait dunia perhotelaan saat ini dan penyelarasan visi misi terkait dengan dunia pendidikan perhotelan. Dengan begitu para guru dapat menyalurkan pengalamannya selama pelatihan kepada murid.

Pada program Hospitality Learning Package, pihak sekolah juga diajak untuk menyusun kurikulum pembelajaran terbaru dengan para ahli di bidang perhotelan. Kurikulum ini akan disesuaikan dengan tiap-tiap tingkatan siswa SMK dan adanya pendampingan dari pihak The Alana Hotel Surabaya untuk para siswa SMK. Untuk siswa kelas 1 SMK, tujuan program adalah untuk membentuk setting goals, yakni agar di masa awal bersekolah siswa tetap termotivasi untuk meraih mimpinya.

Pendampingan praktik dan penanaman pemahaman di dunia industri perhotelan juga dilakukan pada siswa kelas 2 SMK. Pada kelas 3 SMK nanti siswa dipersiapkan untuk terjun langsung dalam dunia industri dan penempatan kerja secara langsung.

Setiap sekolah yang bekerjasama untuk ikut serta dalam program ini harus mematuhi petunjuk teknis yang ada, salah satu yang paling utama adalah komitmen dan stakeholder. The Alana Hotel Surabaya melalui Human Resource akan membantu sekolah dalam pemilihan tenaga yang berkompeten sehingga bisa bertahan di dunia kerja. Selain melakukan program magang untuk siswa-siswa SMK, akan ada program magang bagi guru-guru SMK untuk saling bertukar pengalaman.

Memiliki mitra sebanyak 153 Hotel di seluruh dunia, membuat penyaluran tenaga kerja akan dilakukan semaksimal mungkin. Apresiasi juga akan diberikan, ujar General Manager The Alana Hotel, apabila kinerja yang diberikan telah sesuai.

‘’Yes, sure. Selalu begitu. Jadi ketika anak itu sudah bagus di sini ketika kita mencari tenaga kerja daripada kita mencari tempat atau yang belum mendapatkan, maka kita rekrut’,’ ungkap Ika Florentina.

Program ini juga diperuntukan bagi perguruan tinggi. Apabila perguruan tinggi atau sekolah menengah kejuruan ingin melakukan kerjasama terkait dengan program Hospitality Learning Package dapat menghubungi General Manager The Alana Hotel Surabaya, Ika Florentina secara langsung.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/378796/buka-program-hospitality-learning-package-the-alana-hotel-bantu-smk-berdaya